pisang termasuk buah yang mengandung banyak sekali manfaat. salah satu diantaranya ialah sebagai sumber tenaga. selain itu pisang atau istilahnya dalam bahasa ja wa dikenal dengan nama gedang.

berikut adalah manfaatnya…

1. Sumber Tenaga

Pisang dapat dicerna dengan mudah. Gula yang terdapat di dalam buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secra cepat. Dan, itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Untuk Ibu Hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan sebab dalam satu buah pisang saja sudah mengandung sekitar 85 – 100 kalori.

3. Penderita Anemia

Dua pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Penyakit usus dan perut

Pisang yang dicampur sus cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair ) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan maag untuk menetralkan keasaman lambung.

5. Baik bagi Penderita Lever

Dua buah pisang ditambah satu sendok madu dikonsumsi penderita penyakit lever. Ini akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

6. Luka Bakar

Daun pisang digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang di tambah minyak kelapa mempunya pengaruh mendinginkan kulit.

7. Manfaat Bagi Diabetes

Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda, merupakan makanan tambahan bagi orang yang menderita penyakit gula.

8. Kecantikan Wajah

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari.

9. Mengatur Bobot Badan

Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti, seseorang dapat kehilangan berat badan dengan berdiet 4 buah pisan dan 4 gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Sumber: Tabloid C&R 9 Nov. 06