KOMPAS.com Coaching tak sama dengan pelatihan (training), pengajaran (teaching) atau juga mentoring. Coaching lebih kepada bentuk pembinaan terhadap seseorang yang bisa memberikan dukungan yang netral, dan tidak menghakimi dirinya untuk memberikan pencerahan dan perubahan lebih baik.

Jika Anda punya masalah pribadi atau pekerjaan yang tak kunjung berakhir, karena salah satu faktornya ketidakmampuan Anda mencari solusi dan atau menjalani solusi yang sudah Anda ketahui, coaching bisa jadi alat pembongkar masalahnya.

Yusa Aziz, pendiri iCOACH, dalam sebuah seminar pengenalan coaching beberapa waktu lalu di Jakarta, mengatakan dengan metode coaching, persoalan kehidupan pribadi atau karier juga bisa diatasi.

Dalam coaching , modelnya tak seperti konsultasi. Pembongkaran mindset menjadi langkah awal membuka jalan untuk menemukan masalah sebenarnya. Kadang, penyebab masalah tersimpan dan harus dibongkar lebih dahulu. Jika sudah menemukan pusat masalah akan lebih mudah mencari solusi bahkan hingga langkah-langkah jitu yang bisa dilakukan dalam memecahkan masalah.

Seringkali yang terjadi adalah penyangkalan atas masalah. Jika Anda punya karakter ini, coaching menjadi cara jitu membongkar diri. Anda akan dibantu menemukan free will (dorongan kuat dalam diri) untuk segera membuat perubahan dan pencerahan.

Lantas dimana Anda bisa mencari coach untuk membantu menata kembali hidup Anda?

Lihat sekitar Anda
Coba lebih peduli dengan lingkungan di sekitar Anda. Orang lain yang Anda kenal dan sukses (dalam pandangan Anda), bisa menjadi sosok tempat Anda belajar. Tanyakan apakah dia bersedia membuka dirinya untuk berbincang dengan Anda. Anda bisa mulai bertanya bagaimana metodenya meraih kesuksesan hidup.

Cari coach ahli
Coach profesional bisa lebih fokus membantu Anda mengenali diri, kemudian mendukung Anda menjadi seseorang yang punya free will dan mampu membuat keputusan. Coach berbeda dengan konsultan, artinya dia tidak mengarahkan Anda membuat pilihan tetapi mendorong Anda untuk berani membuat keputusan atas diri sendiri. Meski Anda harus mengeluarkan biaya (lihat juga kemampuan), anggap saja sebagai investasi untuk diri sendiri.

Hadiri seminar coaching
Membuat perubahan, apalagi mengubah mindset, tidak bisa secara instan. Menghadiri berbagai pertemuan yang membangkitkan motivasi dan mengikuti seminar coaching bisa membantu Anda mengatasi diri sendiri. Dengan membuka diri dalam pergaulan, Anda bisa mencari lebih banyak referensi dan jawaban atas kegelisahan Anda.

Nah, siapkah Anda membongkar diri dengan coaching? Bisa jadi Anda menemukan lebih jauh tentang diri Anda, bahwa Anda menemukan potensi yang selama ini terpendam
http://female.kompas.com/read/xml/2010/02/10/09340091/coaching.untuk.diri.sendiri